Cara Install Android 5.0 Lollipop : Step by Step

Hello kawan, setelah Google sempat menunda perilisan ANDROID LOLLIPOP akhirnya Android versi 5 ini final di lepas ke public. Pada tanggal 12 November 2014, sepertinya malam, karena saya cek di jam 19:00 belum ada. Nah

Tadi padi 13 November 2014 jam 08:00 saya langsung download. Sorenya saat lagi suntuk coding saya coba di NEXUS 5. Berikut langkah2 yang saya pakai :

  1. Download ADB dan Fastboot tools
    Karena belum resmi rilis ke beberapa produk, jadi kita mesti cari tools buat deploy ke device. Nah saya memakai ADB + Fastboot dari XDA Developer. Anda bisa download disini : http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2317790
    Setelah anda selesai download install aja, lalu coba jalankan maka akan muncul tampilan seperti berikut :
  2. Download Image Lollipop
    Sama memakai image dengan level rilis FACTORY IMAGE. Yah udah final tapi belum resmi banget. Untuk produk google dengan seri NEXUS bisa di download disini :
    https://developers.google.com/android/nexus/images
    Setelah Anda download Lalu Ekstrak dan jadikan satu dengan data dari ADB Fastboot yaitu di c:\Program Files (x86)\Minimal ADB and Fastboot. Pastikan tidak di folder lagi. Jadi semua data dari lollipop tersebut menyatu dengan fastboot.
  3. Persiapkan Ponsel ANDROID anda
    Ponsel android kita harus berada dalam mode DEVELOPER. Caranya masuk ke Settings –> About Phone –> Build Number . Nah di build number tersebut di tap sebanyak 7 Kali.
    Setelah masuk developer option, centang USB DEBUGING. Berikut tampilan dari tahap ini :
  4. Khusus untuk pengguna WINDOWS, biasanya USB Driver GOOGLE belum ada, jadi silahkan download disini : http://developer.android.com/sdk/win-usb.html#
    Setelah selesai download, install melalui Device Manager. Lalu cari USB yang ada tanda Seru / Pentung. Klik kanan install driver, arahkan ke folder dari Driver yang anda download tadi.

    • Masuk ke Fastboot Mode
      Colokkan kabel USB ke Ponsel Anda. Lalu matikan.
      Setelah itu masuk ke FASTBOOT MODE. Untuk Device NEXUS 5 Seperti punyaku 🙂 bisa dengan Pencet Tombol VOLUME UP + VOLUME DOWN + POWER. Maka akan masuk ke mode Fastboot. Dengan tampilan seperti berikut :

      Jika Anda tidak tau cara masuk ke mode fastboot anda bisa buka program ADB + FASTBOOT yang anda install tadi lalu ketikkan perintah :
                           adb reboot-bootloader
  5. Unlock Bootloader
    Setelah itu, jika terdapat tulisan LOCKED STATED  LOCKED, maka anda harus membukanya. AWAS, PERHATIAN :  JIKA ANDA BUKA GARANSI PONSEL ANDA AKAN HILANG. [ Belajar itu jarang yang geratis 🙂 ] Jika anda menerima resiko tersebut 🙂 Anda bisa membuka lock dengan perintah

    fastboot oem unlock

    Lalu pilih YES. dengan memindah pakai Volume UP lalu tombol POWER.
    dengan tampilan seperti berikut :

  6. INSTALL LOLLIPOP
    Jika semua sudah ok, kita mulai proses install yaitu dengan perintah dari program ADB + Fastboot :

                               flash-all

    Maka akan muncul tampilan seperti berikut :
    Anda HARUS SABAR, biarkan install selesai, nanti dia akan restart dengan SENDIRINYA.

  7. LOCKED kembali PONSEL ANDA
    Karena tadi kita buka locked hardware dari android, maka baiknya kita kembalikan ke semula. Yaitu seperti pada tahap 5 dengan Perintah :

                        fastboot oem lock

  8. DONE, Selamat Menikmati LOLLIPOP

Ingat kawan, saya jalankan dengan Android NEXUS 5 dengan FACTORY IMAGE RESMI dari google. Jika Ponsel anda berbeda, harap hati-hati. Dan segala resiko anda yang tanggung ya ,… Thanks ALL

Sumber :
http://www.pcadvisor.co.uk/how-to/google-android/3527696/how-install-android-5.0-lollipop-on-nexus-5-and-nexus-7/

Leave a comment